Senin, 08 Mei 2017

Puting Payudara Sakit Saat Menyusui, Ini Nih Sebabnya

Puting Payudara Sakit Saat Menyusui, Ini Nih Sebabnya,- Jika kamu baru pertama kalinya hamil atau menjadi ibu baru, wajar jika payudaramu mulai mengalami banyak perubahan. Salah satu perubahan yang mungkin terjadi adalah rasa sakit pada bagian puting payudara. Namun kamu tak perlu khawatir, karena ternyata penyebabnya bukanlah hal yang terlalu serius atau mengancam kesehatan.
 
Robin Elise Weiss, PhD mengatakan bahwa rasa sakit pada puting ini bisa dipicu karena salah postur saat menyusui bayi. Ketika kamu menyusui dengan posisi yang benar, air susu akan keluar dengan lancar sehingga bayi tak susah payah menyedot dari puting ibu.

Jika bayi kesusahan, air susu susah keluar dan akibatnya juga akan menyakiti puting. Inilah mengapa, penting mengetahui bagaimana memposisikan bayi yang benar saat menyusui. Karena meski tampaknya sepele, namun memberi banyak pengaruh, bukan hanya pada bayi, tapi juga payudaramu.

Posisi memang jadi penyebab utama timbulnya rasa sakit pada puting payudara, namun ada hal lain juga yang bisa jadi penyebab, yaitu cara menyedot dan menggigit bayi. Jika bayi belum terbiasa, kamu bisa menarik puting dari mulutnya dan memasukkan ke mulutnya lagi untuk mengetahui apakah ada perubahan dari cara menyedot bayi.

Percobaan dan latihan memang diperlukan untuk mengetahui mana posisi yang tepat dan tak menyakitkan bagi puting payudara saat menyusui. Pastikan saja kamu dan bayi nyaman dengan posisi menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar